Awalnya, bahan baku gula merah cuma dari tebu. Teknik menciptakan gula merah dari tebu, diketemukan di India terhadap era kekaisaran Gupta (abad ke 5 SM). Belakangan gula merah atau gula aren pula dibuat dari air nira sadapan bunga jantan aren, kelapa, & lontar. Dari India, kultur menciptakan gula ini merambah China, Arab, & Asia Tenggara termasuk juga Kepulauan Nusantara.
Kepada abad-abad seterusnya gula merah India & Asia Tenggara, jadi mata dagangan amat mutlak di Timur Tengah, & Eropa. Diawal Mulanya yg dikenal yang merupakan bahan pemanis di Timur Tengah cuma kurma & madu. Budidaya tebu dengan cara komersial buat bahan gula merah, dimulai di China kepada era Kaisar Taizong (599 –649), dari Dinasti Tang.
Sebelum thn 1800an, cuma dikenal gula merah. Mengkristalkan gula putih dari bahan bit gula baru diketemukan di Eropa terhadap akhir thn 1700an. Tehnologi mengkristalkan gula putih dari bahan bit, seterusnya dikembangkan buat gula tebu. Sejak itu, agroindustri gula putih dari tebu berkembang pesat di Jawa, Amerika Tengah, & Selatan.

Advertisements