Siapa sih yg tak mengenal roti Baguette ini? Roti Perancis yg panjangnya seperti tongkat, gampang ditemukan di supermarket gede & harganya juga murah! Rata Rata kurang lebih 5 – 10 ribuan kisarannya. Nah lantaran murahnya ini, aku senantiasa dilarang suami buat utk sendiri. Ongkosnya jauh lebih mahal bila untuk sendiri alasannya. Tampaknya sih iya ya hehe.. Namun kan motto aku -sepertinya pun motto orang yg baru mencari ilmu masak seperti saya- yg mutlak utk sendiri, enak atau gak enak itu bonus atau dampak haha. Sepakat?

resep roti enteng, roti baguette, roti garlic, garlic bread, roti tidak dengan telur, roti tidak dengan susu, roti jadul, mixer, proofing, roti wheat BranNah, setelah itu mengapa aku menciptakan roti Baguette nya tak panjang seperti tongkat? Selayaknya namanya pula bukan roti Baguette ya, sebab dengan cara etimologis bagutte itu bahasa Prancisnya tongkat. Dari satu buah artikel yg aku baca, dulu roti ini -sebelum dikenal bersama nama baguette- wujudnya bundar. Namun di awal abad 20, dikala pemerintah melarang produsen roti utk memanggang sebelum jam 4 pagi menciptakan kelabakan. Dikarenakan warga Prancis terancam tak sarapan sesuai dikala. Hasilnya, timbul gagasan buat menciptakan roti dgn wujud panjang & slim seperti tongkat maka memperpendek ketika memasaknya.

Advertisements