Dekat rumah aku di Arcamanik terdapat satu buah ruangan (perumahan siy) namun biasa dijadikan beberapa orang juga sebagai ruangan olahraga. Pagi-pagi hri kerja ruang itu biasa dipadati ibu-ibu yg sudah selesai jalankan “tugas kenegaraan” nya tiap pagi. Menyiapkan kebutuhan suami sama anak-anaknya yg ingin bertolak ke kantor & sekolah. Sesudah pekerjaan itu selesai, mereka refreshing & jogging disana. Bila sabtu pagi, lebih bermacam lagi yg datang ga cuma para ibu namun pun mulai sejak tidak sedikit bapak2, anak-anak bujang (tajir aku gini lah..haha, kepengen dinamakan jejaka) kadang dgn anak-anak mereka yg masi mungil. Ada yg jogging, main-main bulutangkis, atau sekedar belanja sayur yg dipasarkan di tepi jalan sana.. Lain lagi hri Pekan, ruang itu disulap menjadi “Pasar Kaget” tajir pasar kaget tiap pekan yg Gasibu itu.. Sepanjang jalan itu penuh dipadati para bakul yg memperdagangkan sejak mulai dari makanan (lontong kari, bubur ayam, gorengan, sate ayam, dll), baju-baju, sepatu, sandal, bunga, accessories, pos kesehatan serta ada bahkan senam kesegaran jasmani berjamaah yg kebanyakan gaya-gaya senamnya itu bikin ga nahan : -D pun ada. Nah, kali ini masihlah tidak sedikit serta siy yg olahraga di seputar sana..tapii rata2 beberapa orang yg datang tujuannya merupakan..belanja,,,Jajan..! : -D *kaya aku ini lah.. Bagaimana ga, makanan-makanan yg dipasarkan disana pass menggiurkan & enak-enak.. heu. Rata-rata aku diminta ibu utk beli bunga sedap tengah malam satu iket 1500 rp utk dipajang di tempat tamu atau deket lokasi makan. Tetapi sisanya..ya jajan hehe.

Yg menarik perhatian aku tiap kali ke arena lapang itu yakni.. Surabi oncom..yg dipasarkan di fasilitas tungku tradisional oleh sepasang nenek kakek. Bertahun-tahun nenek kakek itu berjualan surabi disana. Kepul asap dari kayu-kayu yg dibakar juga fasilitas bakar berbentuk mangkuk yg berasal dari bahan batu-batuan jadi khas nya. Pelanggannya senantiasa tidak sedikit, tiap aku ingin beli kesana tentu musti pagi-pagi sebelum jam 7 pagi lantaran diatas jam 7 rata rata sang surabi telah habis dibeli para pelanggan. Ada 3 type surabi adalah surabi oncom, manis, sama yg tidak dengan isikan. Tidak Cuma surabi mereka serta jual makanan lain seperti gorengan, lontong, keripik rempeyek,dll. Pujaan aku jika kesana yaitu SURABI rasa ONCOM.. ^^. Uenak tenan..ga ad duanya. Meski di surabi imut Enhai surabi yg dipasarkan lebih beraneka rasanya ada cokelat, manis, stroberi,dll..namun tetep yg aku senang yaitu yg rasa oncom (hoho, ndeso nya ke luar deh..). Namun serius, enak banget. Hoo, bukan maksut promosi.

Aku tergolong yg rajin jogging ke arena lapang itu. Sebenarnya tujuannya bukan cuma olahraga,, tetapi ada maksut terselubung terkecuali itu… haha, untuk beli surabi Oncom!! Kan perjalanan dari rumah ke lokasi surabi yg kira-kira 1 kilo meter telah mampu sekalian jalan pagi pula yah.. ^_^. Jika hri itu ga ada kuliah atau kuliah siang rata-rata aku sempetin buat beli surabi.

Hmm, saat ini berburu & makan surabi oncom menjadi kenangan tersendiri. Makanan-makanan tajir ayam , ikan asin, sambel terasi, indomie,,tempe, disini ga susah didapatkan sebab telah sedia macam-macam di toko Indonesia Okubo atau Fatima di Ueno. Bahkan kari ayam, sayur asem, sayur lodeh udah ada bumbu instannya sendiri (namun aku jarang mengkonsumsi..rasanya gimanaa gitu jikalau instan. Hua, sok hidup sehat banget yah..).

Jikalau ditanya makanan apa yg paling anda kangenin di Bandung? Aku jawab..surabi oncom.. kemudian siomay, otak-otak, batagor, brownies Amanda,… (hyaa,basic tukang makan ^^).

Advertisements